Saturday, December 13, 2014

Under IDR 100K Make Up Challenge

Hiya!
 
Berawal dari iseng buka-buka arsip lama dari beberapa blog anggota Indonesian Beauty Blogger, aku nemu beberapa post tentang make up challenge dengan budget di bawah cepe ceng, atau dalam bahasa kerennya: under IDR 100,000.00. Jadi aku kepikiran untuk melakukan hal serupa.
 
Sebelumnya aku mau jelasin kalo nggak semua barang di sini aku beli baru (sesuai dengan peraturan challenge yang sebenarnya), karena koleksi make-up aku udah banyak banget (asli, bukan nyombong hahaha). Jadi kalo mau beli baru, rasanya mubazir lah ya, so aku memanfaatkan beberapa barang lama yang aku punya, sisanya emang aku beli baru.
 
Kebetulan aku punya budget belanja yang terbatas, otomatis aku termasuk penggemar make up murah (apalagi kalo buatan lokal), jadi koleksiku untuk kategori ini lumayan banyak:
 
 
 
Ini lah beberapa peralatan yang aku siksa untuk keperluan make-up challenge ini:
  1. Viva Lipstick No. 21                                  IDR 11,000.00
  2. Viva Compact Powder (Natural)                          8,000.00
  3. My Darling Liquid Liner (Black)                       15,000.00
  4. Viva Blush On Duo No. 4                                  15,000.00
  5. BB Cream Garnier                                              24,900.00
  6. Some cheap unbranded angled brush                 10,000.00
  7. Viva Eye Shadow Duo No. 5                              15,000.00
Total .............................................................    IDR    98,900.00
 
 
(Hmmm... kayaknya kalau untuk challenge seperti ini, pasti ga jauh-jauh dari merk Sariayu, Viva, Fanbo, Mirabella, dan My Darling).
 
 
 
Viva Lipstick No. 7
(aku pernah review di sini)
 
Bisa dibilang ini adalah lipstik favoritku, murah banget harganya, tapi kualitasnya bagus banget. Warnanya adalah merah dengan basis oranye, kata Irene Widya, warnanya mirip MAC Viva Glam Rihanna. Rada hepi juga lipstik murahku bisa dianggap dupe dari koleksi brand mahal, special edition pula.
 
 
 

Viva Compact Powder (Natural)
(aku pernah review di sini)
 
Ini bedak lumayan oke loh, emang baunya bikin mabok, tapi coverage-nya oke untuk dipakai di event-event yang softcore.
 

 

My Darling Liquid Eye Liner (Black)
(aku pernah review di sini)
 
Ini aku beli baru loh, dulu banget aku pernah punya sampe beberapa kali beli. One of many HG eyeliners for many people. Kalo belom pernah denger atau nyoba, cobain deh.
 
 
 
 
Viva Blush On Duo No. 4
 
Yang ini beli di toko make up deket rumah. Tadinya ini mau dihargain 25 ribu sama mamang-mamang yang jual, cuma karena inget ini buat challenge, ya aku nawar dong. Apalagi di web Viva sendiri harganya cuma 20 ribu perak, enak ajaaa mau ngibulin tukang belanja. Yeee...
Untuk review lengkapnya akan menyusul ya, tapi singkat kata, blusher ini agak sheer hasilnya, harus diaplikasikan berulang kali supaya warnanya keluar. Di challenge ini aku menggunakan warna coklatnya saja.
 
 
 
 
Garnier BB Miracle Skin Perfector
 
Aku mau review ini kok ga jadi-jadi ya. Yang jelas BB Cream ini lumayan oke. Harganya sebetulnya cukup mahal karena isinya sedikit. Shade-nya hanya ada satu (kayaknya) tapi ga terlalu gelap dan berwarna dasar kekuningan, bukan abu-abu seperti BB Cream pada umumnya. Cocok deh buat kulit orang Indonesia. Teksturnya cair banget, coveragenya agak sheer, cocok untuk make up sehari-hari. Gampang banget di blend, jadi jangan khawatir terlihat cakey menggunakan ini. Hasil akhirnya glowing/dewy. Baunya sih khas Garnier banget, kayak wangi jeruk atau lemon.
 



Angled brush
 
Aku beli ini di toko dan+dan, harganya sepuluh ribu perak, agak mahal sih untuk sebuah kuas tanpa merk. Tapi pas dipake kuas ini soft banget, cocok banget buat dipake di segala jenis aplikasi. Dari mulai shading hidung, shading mata, gambar alis, bahkan untuk membubuhkan eyeliner gel. Oke deh, gak nyesel belinya.
 
 


Viva Eyeshadow Duo No. 5
 
Yang ini juga baru mau aku review, belinya barengan sama blusher Viva di atas. Kalau yang ini warnanya lumayan pigmented kok, cuma yaaa daya tahannya sih biasa-biasa aja. Review lebih mendalam akan segera menyusul yah!
 
 
***
 
Oke, jadi setelah utak-atik make up dan mengasah kreativitas (asli beneran, harus muter otak, soalnya perlatannya terbatas banget), inilah hasil make up under 100K milikku.
 
Inspirasinya nyomot dari sini:
 
(nyomot dari iklannya Etude House di Google)
 
 
 


Yaaah, iya tau, model Etude-nya berwajah imut, aku nggaaaaak, jauh dari kesan imut. Udah mami-mami, umur udah 30 lebih, tapi ini kan inspirasi make up, jadi fokus ke make up aja ya, jangan muka sayaaa... Awas kalo nyela.
 
Ide dari make up ini adalah nuansa pink kemerahan yang seger, kinclong, imut, kayak model orang Korea.
 
 
Anyway, ini tutorialnya:
 
  • Aku mengoleskan BB Cream Garnier ke seluruh wajah menggunakan tangan. Di blend hingga halus, lalu set dengan Viva Compact Powder menggunakan spon bawaan.
  • Gunakan Viva Blush On Duo yang warna coklat untuk menggambar alis dengan menggunakan angled brush.
  • Untuk riasan mata: Aplikasikan Viva Blush On Duo berwarna coklat menggunakan angled brush di bawah tulang alis untuk memberi kesan mata lebih dalam. Lalu aplikasikan Viva Eye Shadow Duo warna pink tua di kelopak mata luar dan warna pink muda di kelopak mata dalam. Baurkan.
  • Beri eye liner hitam My Darling di bagian atas mata saja.
  • Kontur hidung dan tulang pipi menggunakan Viva Blush On Duo warna coklat menggunakan ujung jari, lalu baurkan menggunakan ujung jari pula.
  • Gunakan Viva Eyeshadow Duo warna pink tua sebagai blusher.
  • Untuk bibir: Aplikasikan Viva Lipstick No. 7 di bagian dalam bibir, baurkan menggunakan ujung jari ke seluruh bagian bibir. Warnanya akan berubah menjadi pink muda. Lalu bubuhkan sekali lagi (agak tebal) di bagian dalam bibir untuk menciptakan kesan gradient lips ala make up Korea.
  • Terakhir, jangan lupa pede, gak akan ada orang yang tau kalo kamu pake make up murah asal mengaplikasikannya dengan tepat. Hehehe...
 

Picture spamming:
 
 




  
  Btw, softlensnya ga dihitung make up ya, kalo ga pake softlen aku ga bisa lihat dengan jelas (akan aku jelaskan alasannya di post mendatang), dan ga mungkin juga dandan pake kacamata, gimana caranya itu hehehe.

Kalau menurutku sih (jujur ya) aku kurang puas sama hasilnya, soalnya budgetnya gak cukup untuk beli bulu mata palsu lagi. Kemahalan di BB Cream. Kayaknya FOTD ga komplit tanpa bulu mata palsu, bagai kopi tanpa kayu manis, atau nasi goreng tanpa telor dadar. Enak, tapi tetep ada yang kurang, hehehe... Belom lagi tanpa adanya pelembab, kulit jadi keset banget rasanya. Trus pemakaian eyeshadow Viva tanpa eye primer. Oalaaah, kebayang dong gemes banget rasanya. Tapi yah namanya juga tight budget. Di tight-tight in aja lah XD.
 
Oke, gimana... Kamu tertarik untuk mencoba challenge ini?
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment

Hi! Thanks for reading my blog! Please leave your thought in the comment section. But please do not leave any spam/link as I will not approve it. Thanks and have a nice day!

Latest Post

First Impression: Evershine Moringa Series